Berita microsoft excel hari ini

Microsoft Excel adalah salah satu aplikađắm say dasar yang sangat penting untuk dikuakhông đúng. Jadi, tak heran jika banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan kandidatnya untuk menguakhông đúng Excel.

Bạn đang xem: Berita microsoft excel hari ini

Contoh profeđắm đuối yang perlu menguasai Excel adalah akuntung dan data analyst. Mereka perlu menggunakan Excel untuk mengumpulkan dan mengelola data yang mereka miliki.

Tidak hanya itu, bahkan profeđam mê seperti marketer pun perlu menguasai Excel juga. Karena, grafik dan diagram yang dibuat di Excel dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan.

*

Nah, pasti kamu tertarik untuk belajar Excel juga, kan?

Tenang, di artikel ini, kamu akan mempelajari 20 rumus penting di Excel. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkannya untuk banyak hal.

Penasaran? Yuk simak artikelnya lebih lanjut!


Contents hide
1Apa itu Rumus Excel?
2đôi mươi Rumus Excel yang Perlu Kamu Ketahui
2.11. SUM
2.22. COUNT
2.33. COUNTA
2.44. AVERAGE
2.55. IF
2.66. MAX dan MIN
2.77. TRIM
2.88. AND
2.99. OR
2.1010. NOT
2.1111. LEN
2.1212. AREAS
2.1313. VLOOKUP
2.1414. HLOOKUP
2.1515. CHOOSE
2.1616. MATCH
2.17 17. CEILING
2.1818. FLOOR
2.1919. COUNTIF
2.20trăng tròn. SUMIF
3Sudah Siap Mengolah Data di Excel?

Apage authority itu Rumus Excel?

Dengan mengklik artikel ini, tentu kamu sudah tahu dong apa itu rumus di Excel? Tapi tenang, kalaupun kamu belum familiar dengan rumus Excel, kami akan menjelaskannya secara singkat.

Jadi, rumus (alias formula) adalah cara untuk menjalankan suatu perintah di Excel. Setiap rumus mesti diawali dengan tanda “sama dengan” (=). Contohnya seperti ini:

=C1+C2+C3

Dengan rumus di atas, kamu akan melihat hasil dari penambahan angka di sel C1, C2, dan C3.

Tapi, bagaimana jika jumlah sel yang dikalkulaham mê ternyata banyak? Tentu menambahkan sel ke dalam rumusnya satu per satu akan terasa melelahkan, bukan?

Nah, di sinilah peran fungmê mệt diperlukan. Jadi, fungmê mệt adalah verham lebih simpel dari rumus.

Contohnya, rumus penambahan bisa diganti dengan fungham SUM, alias “=SUM”. Contohnya seperti:

=SUM(C1:C3)

Dengan menggunakan rumus tersebut, kamu akan langsung mendapat akumulasay đắm angka dari C1 sampai C3. Cara ini tentu jauh lebih sederhamãng cầu daripadomain authority menulis nama sel satu per satu ke dalam rumusnya.

Nah, jadi apage authority saja sih yang bisa kamu lakukan dengan rumus Excel? Yuk kita lihat langsung di daftar rumusnya!

trăng tròn Rumus Excel yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut adalah 20 rumus Excel yang cukup sering dipakai. Wajar, karena rumus-rumus di bawah ini mesở hữu fungsinya cukup mendasar. Mari kita lihat sama-sama:

1. SUM

SUM adalah rumus untuk menjumlahkan angka yang adomain authority di sel-sel tertentu. Contohnya, misalkan kamu ingin menjumlahkan angka dari sel A1 sampai A5, maka rumusnya adalah:

=SUM(A1:A5)

2. COUNT

COUNT berfungmê mẩn untuk menghitung jumlah sel yang berimê mệt angka. Misalkan dari sel A1 sampai A10, hanya A1 sampai A7 saja yang beriđắm đuối angka. Maka, jika dihitung dengan rumus berikut:

=COUNT(A1:A10)Hasil dari rumusnya adalah 7, karemãng cầu hanya tujuh sel yang berimê mệt angka.

Xem thêm: Hướng Dẫn Lấy Lại Tài Khoản Facebook Bị Hack Email Đăng Ký, Cách Lấy Lại Nick Facebook Bị Hack Email Và Sdt

3. COUNTA

Fungsinya kurang lebih sama seperti COUNT. Bedanya, COUNTA tidak hanya menghitung jumlah sel yang berimê mệt angka, tapi sel yang berisi mê apapun. Sehingga, kamu bisa tahu jumlah sel yang tidak kotuy nhiên.

Contohnya, misalkan sel A1 hingga A4 berisay đắm kata, dan sel A7 hingga A10 berisi angka. Maka, jika dihitung dengan rumus berikut:

=COUNTA(A1:A10)Hasil rumusnya adalah 8. Karena, sel yang kosong hanya A5 dan A6. Sehingga jumlah sel yang teriđê mê adalah 8.

4. AVERAGE

Sesuai dengan namanya, AVERAGE berfungđắm đuối untuk menghitung rata-rata angka padomain authority range sel tertentu. Contohnya, misalkan kamu sedang menghitung rata-rata nilai mata kuliah yang ada di sel A1 hingga A5, maka kamu bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A1:A5)

5. IF

Rumus ini mungkin terdengar agak kompleks, tapi fungsinya sangat penting. IF dapat membantumu mengidentifikaham mê data berdasarkan logika tertentu. Biasanya dalam bentuk benar/salah.

Contohnya, misalkan kamu ingin mengecek apakah angka di A1 lebih besar dari angka di B1. Jika angkanya lebih besar, kamu ingin melihat kata “Benar”, dan jika lebih kecil, kamu ingin melihat kata “Salah”. Maka rumusnya akan seperti ini:

=IF(A1>B1; “Benar”;”Salah”)

6. MAX dan MIN

Rumus ini berguna untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam suatu dererã data. Contohnya, misalkan ada dua puluh siswa yang nilainya ditulis di sel A1 hingga A20. Jika kamu ingin tahu nilai yang paling tinggi, kamu bisa menggunakan rumus:

=MAX(A1:A20)Sebaliknya, jika kamu ingin tahu nilai yang paling rendah, kamu bisa menggunakan rumus:

=MIN(A1:A20)

7. TRIM

Terkadang, ada data yang tidak bisa diproses karena ada spađắm đuối berlebih di dalamnya. Hal ini dapat menimbulkan error saat proses kalkulayêu thích.

Di sinilah rumus TRIM berguna. Jadi, rumus ini dapat menghapus spatê mê berlebih yang ada di dalam sel, contohnya seperti spaham di awal kalimat, akhir kalimat, atau spaham gandomain authority.

Tapi ingat, rumus ini hanya bisa diaplikasikan pada satu sel saja. Jadi, Andomain authority tidak bisa menggunakannya pada beberapa sel sekaligus, harus satu per satu. Contohnya seperti ini:

=TRIM(A1)

8. AND

Rumus AND merupakan fungmê man logika. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari tahu apakah iđê mê dari suatu sel benar (TRUE) atau salah (FALSE). Berikut adalah contoh rumusnya:

=AND(A1>50;A1Jika angkanya memenuhi kriteria (A1>50 dan A19. OR

Sama seperti rumus AND, rumus OR bisa digunakan untuk mencari tahu apakah kriteria yang ditentukan TRUE atau FALSE. Bedanya, jika rumus AND harus memenuhi secài kriteria untuk menjadi TRUE, rumus OR bisa dipenuhi dengan salah satu kriteria saja:

=OR(A1>50;A1Jika angkanya memenuhi kriteria (A1>50 atau A110. NOT

Rumus NOT adalah kebalikan dari rumus AND. Contohnya, misalkan kamu menggunakan rumus ini:

=NOT(A1>50;A1Berarti, hasilnya adalah TRUE jika angkanya tidak memenuhi kriteria (A1>50 dan A111. LEN

Rumus LEN berfungđê mê untuk menghitung jumlah karakter yang adomain authority di dalam satu sel. Jadi, yang dihitung tidak hanya kata, tapi juga spasi dan tanda baca seperti titik dan koma. Berikut contoh rumusnya:

=LEN(A1)Tapi ingat, rumus LEN tidak bisa diaplikasikan padomain authority beberapa sel sekaligus. Dengan kata lain, kamu perlu menggunakan rumus ini satu per satu padomain authority sel tertentu.

12. AREAS

Apakah kamu ingin menghitung jumlah area yang kamu seleksi? Jika iya, kamu bisa menggunakan rumus AREAS.

Jadi, rumus ini dapat menghitung jumlah area yang kamu jadikan referenđê mê. Contohnya, misalkan kamu memasukkan rumus ini:

=AREAS(A1:A5)Maka hasilnya adalah 1, karemãng cầu kamu hanya menyelekmê say satu range sel. Lalu, jika rumusnya begini:

=AREAS(A1:A5;B1:B5;C1)Maka hasilnya adalah 3, karena kamu menyelekđắm đuối 2 range sel (A1:A5 dan B1:B5) dan 1 sel (C1).

Xem thêm: 8 Cách Gỡ Phần Mềm Win 7, Không Tìm Thấy Trong Control Panel

13. VLOOKUP

Rumus VLOOKUP memang terlihat ribet. Tapi jangan salah, jika kamu tahu cara menggunakannya, rumus ini akan sangat mempermudah pekerjaanmu.

Jadi, rumus ini bergumãng cầu untuk mengambil data yang disusun secara vertikal. Contohnya, misalkan kamu menawarkan beberapa paket yang terdiri dari bundling produk dan layanan. Berikut adalah tabel rincian biaya-nya (tabel rincian biaya adomain authority di sel B15:D17):


Chuyên mục: Marketing