Cara menggunakan google webmaster tools

      75

Setiap orang pasti ingin agar website mereka bisa adomain authority di peringkat satu tìm kiếm engine. Ketika trang web beradomain authority di peringkat atas, itu artinya website tersebut banyak diminati. Cobố bayangkan ketika kamu sedang mencari informaham mê di Google dengan kata kunci tertentu. Pasti website yang adomain authority di halaman pertama Google yang akan kamu pilih, bukan? Nah untuk itu secài đặt berlomba-lombố agar website mereka bisa terindeks Google. Untuk membantu para user, Google sudah berbaik hati memberikan sebuah tools yang memudahkan trang web agar bisa terindeks. Tools tersebut bernama Google Webmaster atau biasa disebut Google Search Console. Google Webmaster Tools akan membantu melakukan tracking dan indexing trang web di pencarian Google. Bagaimamãng cầu cara menggunakan Google Webmaster Tools atau Google Search Console? Ikuti panduan ini step by step.

Bạn đang xem: Cara menggunakan google webmaster tools


Daftar Isi
Apa itu Google Webmaster Tools?
Apage authority saja fitur Google Search Console?
Cara Menggunakan Google Webmaster Tools
1. Tahap Persiapan
2. Cara Daftar Google Webmaster Tool
3. Memasukkan Website Yang Diinginkan
4. Melakukan Verifikađắm đuối di Google Webmaster Tools
HTML File
HTML Tag
Melalui Google Analytics
Melalui Google Tag Manager
Melalui DNS TXT Record
5. Verifikamê mệt Google Webmaster Tools Berhasil!
Kesimpulan

Cara menggunakan Google Webmaster Tools – Pertama, kamu harus memiliki akun Google yang aktif serta website yang akan didaftarkan di Google Search Console/ Google Webmaster Tools. Kedua, kamu harus melakukan verifikaham mê agar Google dapat membaca website kamu. Itulah sekilas yang akan dipelajari dalam panduan ini. Lakukan step by stepnya sesuai panduan ya.

Apa itu Google Webmaster Tools?

Google Webmaster Tools adalah sebuah alat dari Google yang membantu penggumãng cầu trang web dalam meningkatkan traffic serta meningkatkan rangking dalam pencarian Google. Dikutip dari Search Console, Google Webmaster adalah suatu alat yang akan membantu kamu dalam mengukur traffic website, menampilkan laporan performa dan hasil pencarian di mesin pencari, membantu permasalahan dalam urusan traffic website serta membantu kamu dalam menaikkan rangking website. Berikut ini penjelasan cara menggunakan google webmaster tools dari Google yang bisa kamu lihat.

Dikutip dari Wikipedia, Google Webmaster Tools ini juga akan menampilkan laporan status indeks padomain authority trang web yang telah didaftarkan. Pada tanggal 20 Mei 2015 lalu, Google merubah nama Google Webmaster menjadi Google Search Console agar mudah dikenali. Tools ini dapat kamu nikmati secara gratis! Pada tahun lalu tepatnya pada bulan Januari 2018, Google meluncurkan versi mê terbaru Google Search Console dengan fitur dan tampilan yang lebih menarik serta user friendly.

Apa saja fitur Google Search Console?

Apage authority saja yang bisa dilakukan dengan Google Webmaster Tools? Berikut ini fitur Google Webmaster Tools atau biasa disebut Google Search Console,

Kamu bisa melihat report dan melakukan analisa pengunjung, halaman yang sering diakses, jumlah impresay đắm, total klik tiap bulan ataupun posiham website di search engine melalui Google Analytics.Terdapat fitur crawling atau sitemaps. Jadi, kamu bisa tambahkan beberapa URL lainnya yang berhubungan dengan website. Hal tersebut bertujuan agar Google tahu, dan dapat menemukan “apage authority yang berbeda” dari trang web kamu dibandingkan dengan yang lainnya.
*

Apabila kamu belum login akun Google, silakan tulis alamat email dan password terlebih dahulu. Tulis alamat email kemudian klik Next. Lalu masukkan password, kemudian klik Next.

*

4. Melakukan Verifikamê say di Google Webmaster Tools

Setelah mendaftar di Google Webmaster, kamu harus melakukan verifikasay mê terlebih dahulu. Verifikasay mê dilakukan untuk memperoleh kesepakatan antarvào hùa pihak dan mempermudah Google untuk melacak trang web kamu. Ada berbagai metode verifikasi mê Google Webmaster Tools seperti HTML file, HTML tag, Google Analytics, Google Tag Manager dan Domain name provider. Silakan pilih yang menurut kamu paling mudah!

*

Kemudian lakukan upload tệp tin tersebut ke folder website yang ada di Hosting. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan FTP atau langsung melalui File Manager. Silakan ikuti Panduan Cara Upload File Melalui FileZilla atau Cara Upload File ke Hosting. Pada panduan ini akan melakukan upload file html ke hosting melalui File Manager. Silakan login cPanel lalu cari File Manager. Setelah itu masukkan ke dalam thư mục trang web yang dituju. Silakan klik Upload lalu masukkan file html yang telah di download.

Xem thêm: Các Loại Tên Miền Là Gì? Toàn Bộ Khái Niệm Về Domain Name Có Bao Nhiêu Loại Tên Miền

Catatan: Jika domain kamu berada di tên miền utama, silakan upload file html ke folder public_html. Jika merupakan Add On Domain atau Subdomain name silakan upload tệp tin html di folder tersebut.

*

Untuk HTML tag, kamu bisa copy script di tiap halaman atau langsung di trang web tersebut. Untuk menambahkan HTML tag padomain authority tiap-tiap halaman, silakan paste script di masing-masing artikel yang kamu post. Meta tag tersebut beradomain authority di dalam section setelah dan sebelum

*

Melalui Google Analytics

Kamu juga bisa melakukan verifikaham Google Webmaster Tools dengan bantuan Google Analytics. Setelah selesai, jangan lupa klik Verify.

*

Melalui DNS TXT Record

Kamu juga bisa melakukan verifikamê man dengan bantuan TXT record. Silakan pilih Domain Name Provider.

*

Silakan pilih Other. Nah lalu akan muncul TXT record yang harus kamu masukkan ke pengaturan domain name. Silakan copy TXT record tersebut.

*

c. Itê mê kolom Host Name dengan nama tên miền kamu dan pilih TXT atau SPF padomain authority Record Type. Untuk Host Name, pastikan tambahkan tanda titik setelah nama domain. Misalnya websitesaya.net.

*

Sekarang kamu bisa lihat aktivitas serta report dari website kamu.

*

Kesimpulan

Cara setting Google Webmaster Tools dapat dilakukan dengan mendaftar di Google Search Console/ Webmaster Tools lalu melakukan verifikađê mê di website. Metode verifikasinya juga beragam seperti HTML file, HTML Tag, Google Analytics serta Google Tag Manager.. Pilih salah satu yang paling mudah ya! Ingin agar website kamu populer dan memiliki traffic yang tinggi sehingga banyak pengunjung? Yuk ikuti Tips Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google. Salam segala.info!